Tuesday, April 17, 2018

Aplikasi Ban Depan Belakang Ukuran 90/80-100/80 pada Satria FU Injeksi

Aplikasi Ban Depan Belakang Ukuran 90/80-100/80 pada Satria FU Injeksi





Performa satria fu 150 fi memang tidak perlu diragukan lagi (silahkan mencobanya). Akan tetapi besarnya performa jika tidak dibarengi dengan kontrol yang baik sangatlah membahayakan. Salah satu elemen pengontrol performa sebuah sepeda motor adalah ban. Dan ban satria fufi ini (menurut motogokil) tidak proporsional jika dibandingkan dengan performanya.


Seperti yang pernah motogokil tulis dalam artikel lawas tentang satria fu (karbu), dengan power 16 ps, penggunaan ban ukuran depan-belakang ukuran 70-80 kurang pas. Bahkan sangat riskan, karena lebar tapak yang sangat minim, untuk motor dengan power 16 ps. Bandingkan dengan mx king, new vixion, r15, old/new cb150, supra gtr150 yang memiliki tapak ban jauh lebih besar. Apalagi sekarang satria fufi mengusung engine dengan power lebih besar lagi, yaitu 18.5 ps, sementara ukuran ban masih sama dengan versi karbu, jauh lebih berbahaya lagi.

Beberapa kali saat menikung, jika tidak pandai pengatur putaran gas, ban belakang mudah selip. Ban depan juga terlalu kecil sehingga saat kecepatan tinggi, agak liar. Oleh karena itu motogokil mencoba konfigurasi ban dengan ukuran lebih besar, kebetulan kok nemu ukuran 90/80-17 (depan) dan 100/80-17. Penampakan secara keseluruan, kaki-kaki menjadi lebih kekar, lebih gagah, nggak cungkring lagi.

Karena masih menggunakan velg standar, ban menjadi lumayan bulat, tapi nggak masalah. Dan ketikan diajak lari, akselerasinya terasa hampir sama. Hal ini menunjukkan power satria fu fi memang benar-benar sangar, ban belakang naik 2-step pun, akselerasi tidak terasa ngedrop. Akibat sampingannya cukup berbahaya, sekarang laju motor lebih kencang (pada putaran engine/rpm yang sama) dibandingkan saat menggunakan ukuran standar. Kira-kira perbandingan menjadi seperti ini


Kecepatanya naik sekitar 4,xx kpj. Tapi itu tergantung dari bobot rider, kalau ridernya berat ya malah tambah lemot, dan kemungkinan besar topspeednya malah turun. Lagian siapa juga yang mau bawa motor bebek/ayamjago kencang-kencang, sampai 150 kpj, mau cari mati ?

Sementara itu, aplikasi ban lebih lebar pada roda depan, sedikit meningkatkan traksi ke aspal. Mungkin karena secara keseluruhan berat roda bertambah, berat dan bidang sentuhnya juga bertambah lebar. Atau bisa juga akibat compund ban yang lebih soft, sehingga lebih nge-grip ke aspal. Pada kecepatan tinggi terasa lebih anteng dan stabil, serta meningkatkan rasa percaya diri saat coenering.

Berikut ini penampakan close-up dari roda satria fufi setelah mengaplikasikan ban lebar dengan velg standar.





Demikianlah itulah Aplikasi Ban Depan Belakang Ukuran 90/80-100/80 pada Satria FU Injeksi sebagai topik bahasan kali ini. Sekian dan terima kasih.

0 comments:

Post a Comment